BELAJAR BIMBINGAN DAN KONSELING

Minggu, 11 April 2010

KONSEP DASAR BELAJAR

Pengertian Belajar
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil intraksi individu dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Santrock dab Yussen (1994) mendefinisikan belajar sebagai perubahan yang relative permanen karena adanya pengalaman. Reber (1988) mendefinisikan belajar dalam 2 pengertian. Pertama, belajar sebagai proses memperoleh pengetahuan dan kedua, belajar sebagai perubahan kemampuan bereaksi yang relative langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat. Dari berbagai definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi yang relative permanen atau menetap karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
Ciri-ciri perilaku belajar
Tidak semua tingkah laku dikategorikan sebagai aktivitas belajar. Adanya tingkah laku yang dikategorikan sebagai perilaku belajar memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.Perubahan tingkah laku terjadi secara sadar
2.Perubahan bersifat kontinu dan fungsional
3.Perubahan bersifat positif dan aktif
4.Perubahan bersifat permanen
5.Perubahan dalam belajar betujuan atau terarah
6.Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
Factor-faktor yang mempengaruhi belajar
Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi belajar yaitu factor internal dan factor eksternal. Factor internal adalah factor yang ada dalam diri individual yang sedang belajar, sedang factor eksternal adalah factor yang ada di luar individu. Factor internal meliputi : factor jasmaniah dan factor psikologis. Factor jasmaniah meliputi factor kesehatan dan cacat tubuh, sedangkan factor psikologis meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kelelahan. Factor ekstern yang berpengaruh dalam belajar meliputi factor keluarga, factor sekolah, dan factor masyarakat. Factor keluarga dapat meliputi cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orangtua, dan later belakang kebudayaan. Factor sekolah yang mempengaruhi belajar meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi antar siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah. Factor masyarakat dapat berupa kegiatan siswa dalam masyarakat, teman bergaul, bentuk kehidupan dalam masyarakat, dan media massa.
Motivasi belajar
Motivasi belajar memegang peran yang sangat penting dalam pencapaian prestasi belajar. Motivasi menurut Wlodkowsky (dalam Prasetya dkk, 1985) merupaka suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan prilaku tertentu dan yang member arah dan ketahanan pada tingkah laku tersebut. Motivasi belajar yang tinggi tercermin dari ketekunan yang tidak mudah patah untuk mencapai sukses meskipun dihadang oleh berbagai kesulitan.
Biggs dan Telfer (dalam Dimyati dkk, 1994) menyatakan bahwa pada dasarnya siswa memiliki bermacam-macam motivasi dalam belajar. Macam-macam motivasi motivasi tersebut dapat dibedakan menjadi 4 golongan, yaitu: 1) motivasi instrumental, 2) motivasi social, 3) motivasi berprestasi, dan 4) motivasi instrinsik. Motivasi instrumental berarti bahwa siswa belajar karena didorong oleh adanya hadiah atau menghindari hukuman. Motivasi social berarti bahwa siswa belajar untuk menyelanggarakan tugas, dalam hal ini keterlibatan siswa pada tugas menonjol. Motivasi berprestasi berarti bahwa siswa belajar untuk meraih prestasi atau keberhasilan yang telah ditetapkannya. Motivasi instrinsik berarti belajar karena keinginannya sendiri.
Motivasi yang tinggi dapat menggiatkan aktivitas belajar siswa. Motivasi tinggi dapat ditemukan dalam sifat perilaku siswa antara lain.
a.Adanya kualitas keterlibatan siswa dalam belajar yan sangat tinggi.
b.Adanya perasaan dan keterlibatan afektif siswa yang tinggi dalam belajar.
c.Adanya upaya siswa untuk senantiasa memelihara atau menjaga agar senantiasa memiliki motivasi belajar tinggi.
Sugihartono dkk. Psikologi Pendidikan. Yogayakarta. UNY Press

Tidak ada komentar: